Tips Membeli Laptop Second

Tips Membeli Laptop Second – Hallo sobat semua, kali ini admin akan membagikan tips buat kalian yang ingin membeli laptop second, 


Yupss.. ketika kita pengen mempunyai laptop tapi budget yang kita punya minim, tidak ada salahnya kita mencari laptop second. Tapi… jangan asal beli ya, karena kita tau, segala sesuatu yang second pasti ada plus minusnya.
Yukk simak Tips admin berikut ini :


Cek harga Pasar
Yang pertama harus kalian lakuan adalah croscek harga pasaran dari laptop second tersebut, kalian bisa mengeceknya lewat situs jual-beli online atau Tanya temen yang tahu harga-harga pasaran laptop. Sehingga pada saat proses negosiasi kamu bisa menawar dengan harga terbaik.

Lama Penggunaan
Yang kedua kalian harus mengecek Lama Penggunaan laptop tersebut. Semakin lama penggunaan laptop sebanding dengan kualitas komponen didalamnya. Kalau bisa carilah laptop second yang berumur kurang dari 1 tahun. Karena jika sudah terlalu lama biasanya sudah ada perangkat didalamnya yang pernah rusak atau bahkan sudah di kanibal :D

Ajak Teman yang Mengerti IT
Yang ketiga dan sangat Recommended nih, Kamu bisa mengajak teman kamu yang mengerti Komputer atau IT, agar dia bisa mengecek dan memastikan semua komponen seperti hardware, spesifikasi, keadaan laptop dalam keadaan baik dan normal.

Cek Segel Laptop
Tips yang keempat, jangan sampai lupa untuk mengecek segel laptop, karena jika segel dalam keadaan rusak/hilang berarti laptop tersebut sudah pernah diservice atau dibongkar. Jadi kamu bisa mempertimbangkan apakah laptop tersebut layak kamu beli atau tidaknya.

Garansi Kerusakan
Tips kelima, Cek Garansi Kerusakan Laptop, Garansi terhadap kerusakan wajib kamu tanyakan, apakah laptop ini masih dapat garansi atau tidak. Karena jika laptop tersebut masih bergaransi, laptop tersebut aman.

Kelengkapan Laptop
Tips keenam, selalu periksa kelengkapan laptop tersebut seperti charger, manual book, cd-room, dus, cd driver, dan kelengkapan yang lain, dan jangan lupa untuk mengecek kondisi kelengkapan tersebut, apakah semua bekerja secara normal atau tidak.

Kondisi Baterai
Tips ketujuh, Cek kondisi baterai. Kamu harus memastikan kondisi baterai laptop yang akan kamu beli, bukan hanya dengan melihat baterainya saja saat kondisi hidup, tapi kamu juga harus menunggu/membiarkan laptop tersebut on dan sambil memperhatikan presentase penurunan baterainya

Kondisi Fisik
Tips kedelapan, cek kondisi fisiknya sobat, memang tidak terlalu penting sih, tapi kondisi fisik dapat mencerminkan bagaimana perilaku pemiliknya dalam merawat laptop tersebut. Kamu harus mengecek setiap bagian dari laptop tersebut, karena jika laptop pernah terjatuh akan terlihat ada goresan,retak atau lecet. Selanjutnya periksa bagian casingnya, periksa bagian port-port yang ada seperti port LAN, USB, port audio, dan lain-lain. Apakah berfungsi dengan baik apa tidak. Lalu periksa kondisi engsel laptop, engsel pada laptop merupakan bagian yang sangat sensitif dan rentan rusak jika si pengguna tidak hati-hati dalam menggunakannya.

Spesifikasi Laptop
Pada saat proses COD untuk transaksi pembelian laptop tersebut, kamu jangan lupa menyamakan spesifikasi yang ada didalam laptop dengan spesifikasi yang disampaikan penjual. Caranya bisa dengan ketik dxdiag di kotak run, atau lihat langsung di My Computer.

Kondisi Harddisk
Harddisk merupakan komponen yang paling rentan terhadap kerusakan pada laptop second. Cara untuk memastikan harddisk laptop dalam kondisi baik adalah dengan cara melakukan copy data antar folder serta partisi laptop, jika proses transfer filenya berjalan lambat ini merupakan pertanda harddisknya bermasalah.

Kondisi Touchpad dan Keyboard
Memeriksa kondisi Touchpad dan Keyboard juga merupakan langkah yang penting, karena aktifitasmu bisa terhambat jika komponen ini bermasalah. Lakukan test keyboard dengan cara mengetik seluruh tombol di notepad atau ms.word. Kamu juga harus memastikan touchpad dalam kondisi normal, karena komponen ini sangat sulit untuk mencari penggantinya walaupun masih bisa disiasati dengan menggunakan mouse external.

Kondisi Layar (LED / LCD)
Tips selanjutnya, pastikan kondisi layar dalam keadaan normal. Untuk memastikan kondisi layar pada laptop tersebut baik apa tidak cobalah dengan cara berikut ini :
Ganti Color pada background dekstop menjadi hitam dan putih, cara ini berguna agar kita dapat mengetahui apa ada deadpixel (cacat di layar laptop).
Cek kondisi kabel flexible, caranya dengan melakukan buka-tutup layar laptop dalam keadaan laptop ON, kamu harus memperhatikan apakah ada kedipan atau goyangan pada layar LCD tersebut.


Nah itu tadi tips dari admin bagi kamu yang ingin membeli laptop second, selalu pastikan kondisi laptop tersebut supaya kamu tidak menyesal dikemudian hari. Semoga Tips Membeli Laptop Second ini bermanfaat

0 Response to "Tips Membeli Laptop Second"